Pengertian Paket Wisata & Jenis-jenis Paket Wisata

A. Pengertian Paket WisataPaket wisata (package tour, inclusive tour) diartikan sebagai suatu perjalanan wisata dengan satu atau lebih tujuan kunjungan yang disusun berdasarkan berbagai fasilitas perjalanan eksklusif Paket Wisata Tour pada suatu program perjalanan yang tetap, serta dijual dengan harga tunggal yang menyangkut seluruh komponen berdasarkan bepergian wisata.

Sebelum memahami paket wisata, wajibdipastikan apakah dalam rangkaian komponenkomponen wisata tadi terdapat program mengunjungi obyek/atraksi wisata. Jika hanya paket bepergian (transportasi) dan akomodasi saja, tidak dapat dikatakan paket tour. Paket tadi hanyalah paket bepergian Free and Eazy, sementara acara tour bisa dipilih sendiri (umumnya memilih seat-in-coach/SIC

Paket wisata dalam bentuk media (brosur, katalog, video) adalah suatu produk konkret yang berfungsi sebagai indera kenaikan pangkatdari produk jasa layanan (intangible product) yg akan dijual kepada wisatawan.

Pengemasan paket wisata dilakukan dari ekspresi dominan pasar wisata (yang sedang & akan berkembang), tentunya mempertimbangkan analisis terlebih dahulu, buat memastikan bahwa produk tersebut akan dibeli wisatawan.

B. Jenis-jenis Paket WisataSecara generik dikenal 2 jenis paket wisata, yaitu

1) Ready Made TourPaket wisata yg telah disiapkan (pre arranged package tour) atau lebih populer menggunakan ready made tour (Tour/Package Tour that has been made and ready to market to customer).

Penyiapan paket tour ini didasari menurut riset kebutuhan konsumen dengan memperhatikan target/sasaran pasar yg dituju. Kunci keberhasilan menurut pemasaran paket ini merupakan luasnya relasi berdasarkan perusahaan terkait & kemahiran perundinganharga komponen tour, sehingga didapat harga jual yang bersaing.

Harga dalam Tour ini umumnya diklasifikasikan dalam gerombolan: 1- 2 pax, tiga – lima pax, 6 – 9 pax, & seterusnya tergantung dari jumlah seat pada tunggangan yg digunakan. Semakin besarjumlah tamu/penumpang, semakin murah harga tour.

Penjelasan :a. Biro Perjalanan (Wholesaler) membuat produk (Paket Wisata) untuk dipasarkan ke tamu/pelanggan, pribadi juga melalui Agen-Agen Perjalanan yg berfungsi sebagai retailer

b. Customer mampu booking produk tersebut langsung ke Biro Perjalanan (wholesaler), atau melalui Agen Perjalanan yg diinginkan.

c. Biro Perjalanan menindaklanjuti semua pesanan dengan proses reservasi & pelaksanaan operasional.

d. Pelaksanaan tur sesuai dengan yang sudah dipersiapkan.

2) Tailor Made Package TourPaket wisata yang disiapkan atas permintaan konsumen (Tour/Package tour which is made based on request/ negotiation with customer). Paket ini disiapkan dan lebih difocuskan dalam kejelian seseorang tour planner buat mengenali kemampuan (kesukaan, sosial, finance) dan harapan calon wisatawan dan memotivasi wisatawan buat membeli “ jasa “ yg sangat khusus dengan pelayanan & harga yg khusus.

Penjelasana. Customer ( Luar Negeri) yang akan mengunjungi Indonesia menghubungi Tour Operator setempat buat menanyakan mengenai produk (program bepergian) & harga.

b. Tour Operator menghubungi Travel Biro pada Indonesia buat melanjutkan permintaan berdasarkan customer

c. Travel Biro memproses dan menjawab ke Tour Operator semua permintaan ( program + harga) & minta konfirmasi atas penawaran tersebut.

d. Jawaban dan penawaran berdasarkan Biro Perjalanan tersebut oleh Tour Operator disampaikan & pada negosiasikan dengan customer sampai tercapai kesepakatandan konfirmasi. (proses negosiasi ini bisa berulang-ulang hingga tercapai kesepakatan , atau sanggup juga terjadi pembatalan )

e. Tour Operator mengkonfirmasi seluruh penawaran dari Biro Perjalanan ( Program & harga)

f. Selanjutnya Biro Perjalanan bekerja sama menggunakan Tour Operator Lokal dan Kantor Cabang ( jikalau punya) buat melanjutkan dengan proses reservasi dan operasional.

g. Pelaksanaan tour sesuai menggunakan persiapan yang dilakukan

Sumber : Pendalaman Materi Usaha Jasa Parawisata, Pasaribu, SST.Par, M.Si.Par, PPG DALAM JABATAN, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *