Yuk Mengenal Nama & Fungsi Indera Berat

kali ini ane mau share tentan jenis dan fungsi indera berat gan. lumayan buat nambah2 wawasan. Jenis & fungsi

Alat berat diproduksi pada banyak sekali berukuran dan penjabaran buat bermacam fungsi dan pelaksanaan guna melayani kebutuhan dan tuntutan pasar utamanya, yaitu sektor industri. Berikut klasifikasinya:• Construction Industry (jalan, jembatan, landasan, irigasi, alamat linajaya konstruksi, pelabuhan, dll)• Mining Industry (mineral, batubara, semen, timah, dll)• Agriculture (perkebunan, pertanian, perikanan, dll)• Oil Fields (eksplorasi, pemboran, produksi, pengolahan, penimbunan, distribusi, dll)• Logistics & Marine (warehouse/port/airport handling, shipyard, transshipment, dll)

Alat berat membantu menunjang pembangunan proyek-proyek infrastruktur transportasi pada rangka membangun konektivitas fisik serta pada menunjang operasional & aktifitas logistik maupun transshipment. Maka, kategori jenis indera berat ini dia berdasarkan penggunaanya pada konteks global transportasi:

Alat-indera berat yang biasa digunakan buat menunjang pekerjaan proyek pembangunan jalan, jalan raya/tol, jembatan, landasan, lapangan terbang, pelabuhan dan saluran drainase yg berkemampuan melakukan beragam pekerjaan earth moving misalnya mutilasi, penggusuran, perataan, pendorongan, penggalian, pemadatan, dan penggerasan tanah. Termasuk pula pengkikisan permukaan, bukit ataupun tebing serta pemuatan atau pembuangan tanah/material & pengaspalan jalan.

Katagori heavy equipment yang termasuk di sini diantaranya:

– Tractor/Dozer/Bulldozer, alat pemangkas, pendorong sekaligus penggusur tanah yg biasa dipakai buat membuka hutan dan lahan serta merintis badan jalan.

Spoiler for Tractor/Dozer/Bulldozer:

– Excavator/Backhoe, alat penggali dan pemotong tanah atau galian tambang yg sekaligus dapat melakukan penumpukan & pemuatan ini paling terkenal pada antara product line indera berat. Umumnya berbasis crawler track, tetapi terdapat juga yang menggunakan wheel. Ukuran yg paling populer & generik dipakai adalah yg ukuran bucket 1 m3 menggunakan energi mesin berkisar 150 HP, tetapi varian yang terbesar dengan buat aktivitas pertambangan berukuran bucket hingga 45 m3 dan berdaya mesin 4400 HP.

Spoiler for Excavator/Backhoe:

– Wheel Loader, alat pemuat, pengangkut & pembuang barang, material atau bahan galian beroda empat berbasis articulated chassis ini jua tersedia dalam opsi crawler track. Alat ini relatif multiguna karena juga mampu berfungsi menjadi forklift, log/pipe grapple & dozer dibagian muka maupun sebagai backhoe dibagian belakang, hanya dengan mengubah attachment-nya. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai berdasarkan yang kecil hingga yang berukuran raksasa menggunakan bucket 40 m3 & berdaya 2300 HP.

– Motor Grader, alat perataan & pembentuk permukaan tanah ini sangat bermanfaat bagi pembuatan & pemeliharaan badan jalan. Tersedia pada articulated & rigid chassis frame dengan konfigurasi sistim penggerak 6×4 dan 6×6, dan menggunakan blade yg posisinya dapat diatur mulai dari horizontal menyudut sampai vertical circular. Ukuran yg generik digunakan berdaya 100-200 HP. Tapi buat proyek besar , tersedia juga unit yg kuat hingga 700 HP.

– Motor Scraper, indera pemotong, pengupas dan pemangkas permukaan tanah yang dapat langsung mengangkut, memindahkan dan membuang sendiri tanah yg didapatkan ke lokasi kurang lebih menjadi back-fill material. Ada 3 jenis pilihan indera ini, yaitu standard motor scraper (self propelled), elevating scraper dan auger scraper. Alat ini tersedia pada berukuran & kapasitas mulai menurut 365 HP/17 m3 sampai 600 HP/33 m3.

– Power Shovel, alat penggali dan penggaruk tanah/lapisan tanah ukuran sangat akbar yang dapat langsung membuang & memuat material galian/garukannya. Walaupun berukuran raksasa, namun bisa melakukan siklus pekerjaan digging, swinging, dumping dan returning dengan volume sangat akbar secara efektif dalam proyek pertambangan & konstruksi skala besar .

– Pile Driver, alat pemaku tiang pancang berbasis mesin diesel atau hydraulic system yg disangga oleh crawler crane atau crawler excavator sebagai indera rigging-nya.

– Dragline, alat penggali dan pengeruk tanah/lapisan tanah yg berbasis crawler crane ini dilengkapi menggunakan dragline bucket sampai dapat sekaligus membuang dan menumpuk material galian/kerukannya ke sisi lain dalam jangkauan swing boom-nya. Alat pertambangan dan konstruksi ini tersedia dalam aneka macam ukuran, mulai dari normal hingga super akbar.

– Compactor, indera pemadatan tanah, pondasi jalan, lapisan perkerasan jalan & lapisan permukaan jalan yang berbasis mesin berjalan ini memberikan efek ground pressure menggunakan menggunakan sistem kerja vibratory, drum roller, pneumatic & sheep foot.

– Paver, alat atau mesin buat menebar & meratakan bahan/material campuran pelapis bagian atas jalan yang berbasis mesin ini berkiprah perlahan menggunakan sistem roda atau crawler track sambil terus menerus dimasuki campuran concrete, asphalt atau hot mix.

Alat angkat berbasis crawler track, truk, menara rangka dan tonggak penyangga yang biasa dipakai buat menunjang banyak sekali macam pekerjaan, baik di pada areal pertambangan, blok migas maupun dalam proyek-proyek pembangunan jalan, jalan raya/tol, jembatan, landasan, konstruksi gedung & industri, lapangan terbang sampai pelabuhan. Alat ini berkemampuan untuk melakukan pekerjaan pengangkatan, pemindahan, pengerukan dan penumpukan bermacam peralatan, suku cadang, bahan galian, material bahan bangunan & konstruksi yang berbobot berat dan berukuran besar , termasuk jua menunjang aktifitas operasional logistics handling dan bongkar muat di tempat manufaktur, pergudangan, pelabuhan & lapangan terbang.

Katagori lifting equipment yang termasuk pada sini diantaranya:

– Crawler Crane, alat pengangkat barang yang berdiri sendiri, dapat berkecimpung bebas dengan kecepatan sangat rendah dalam ruang lingkup yang sangat terbatas. Alat ini bekerja dengan memakai sistem mechanical atau hydraulic, dilengkapi menggunakan lattice boom,serta tersedia pada berbakai ukuran dengan daya angkat antara 15-2300 ton yang sangat terkenal dikalangan industri konstruksi, pertambangan, migas, kehutanan, logistik, pelabuhan & shipyard.

– Mobile Crane, indera pengangkat barang yang berdiri sendiri, dapat memobilisasi diri nya sendiri dengan daya jelajah yang jauh dan kecepatan yg memadai, bekerja menggunakan memakai gugusan sistem mechanical & hydraulic, dalam umumnya dilengkapi dengan Telescopic Boom. Di produksi menggunakan opsi pilihan menurut ruang aplikasi & kemampuan jelajah, yaitu truck mounted, all terrain, rough terrain, menggunakan variasi kemampuan daya angkat antara 35-1200 ton.

– Tower Crane, alat pengangkat barang yang bertumpu dalam pondasi permanen menggunakan pelaksanaan utamanya buat menunjang pekerjaan konstruksi sewa alat berat bali sipil dan industrial, terdiri menurut pondasi, menara rangka, slewing section, boom section dan counter weight.Tower crane tersedia dalam beberapa opsi pelaksanaan antara lain: self erecting, flat top, hammerhead & luffing jib, sedangkan tinggi menara bisa ditambah sinkron menggunakan tinggi yang diperlukan dengan cara menambahkan section menara rangka ke dalam slewing section dan mengangkatnya. Kapasitas daya angkat tower crane umumnya bervariasi antara 1-80 ton.

– Overhead Crane, indera pengangkat barang yg acapkali juga dianggap bridge crane atau gantry crane ini diproduksi dengan beberapa varian seperti container crane, RMG (Rail Mounted Gantry) crane, EOT (Electric Overhead Traveling) crane, & workstation crane. Container crane poly ditemui pada pelabuhan kontainer, RMG banyak dipakai pada pabrik, shipyard, & industri lainnya. EOT sangat terkenal di kalangan perbengkelan, sedangkan workstation crane yang umumnya berukuran minibiasa dipakai pada workshop dan home industry.

– Pedestal Crane, alat pengangkat barang yg bertumpu dalam tonggak yang terpaku dalam struktur rigid pada sebuah lantai kerja. Alat ini terdiri berdasarkan tonggak yang bisa melakukan swing, fix, lattice atau telescoping arm/jib, hydraulic cylinder & hoisting system. Pedestal crane banyak digunakan di pabrik/industri, pergudangan, pelabuhan, kapal dan galangan kapal, dan offshore rig/production platform.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *